Gunung Galunggung Mulai Aktif Gempa Vulkanik Meningkat Info Terkini Gunung Galunggung Tasikmalaya Jawa Barat. Prediksi Gunung Galunggung meletus pasca letusan Gunung Merapi tahun 2010. Berita bencana alam terbaru setelah potensi Gunung Krakatau akan meletus Jakarta tenggelam oleh gelombang tsunami. Indonesia masih terus diguncang dan dilanda bencana nasional. Lihat video youtube prosesi pemakaman Mbah Marijan meninggal dunia wafat sujud.

Gempa vulkanik Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengalami peningkatan pada di Oktober ini dibandingkan September lalu. “Bulan September tercatat empat kali gempa, sedangkan memasuki akhir Oktober 2010 menunjukan peningkatan yang sudah tercatat 34 kali gempa vulkanik,” kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Galunggung, Heri Supartono, di Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (28/10)..

Meskipun aktivitas Gunung Galunggung Tasikmalaya mengalami peningkatan, menurut Heri, hasil kajian pengamatannya itu masih dalam batas normal, bahkan objek wisata Gunung Galunggung masih aman dikunjungi wisatawan. “Objek Cipanas Galunggung dari hasil pengukuran suhu air di tiga tempat kawasan gunung Galunggung Tasik hanya mencapai 55 derajat dan 62 derajat sehingga dinyatakan normal dan aman bagi pengunjung,” katanaya.

Dikatakan Heri, pihaknya akan terus melaporkan setiap perubahan kepada pemerintah daerah. Namun, ia menyayangkan hilangnya jalur lahar dan kawasan menampung lahar dingin akibat dampak dari galian C atau penambangan pasir. Padaahal, gunung itu masih aktif

Jika waktu yang tidak dipastikan terjadi letusan Gunung Galunggung Tasikmalaya Jabar, menurut Heri, penanganan bencananya tidak jelas. Bahkan tidak ada jalur evakuasi dan kawasan pengungsian. “Saya berharap pemerintah daerah mampu memberikan kebijakan dan mengendalikan keadaan disana, kemudian rencana penanganan bencana pun disusun dengan baik,” kata Heri. liputan6.com