Mau Berwisata Kuliner? Kalau soal yang satu ini, Anda tidak boleh lewatkan memang. Tapi tahukah Anda, ada beberapa kiat dan tips supaya wisata kuliner ini lebih ‘mak nyoooos’ dan memberi kesan yang tak terlupakan? Kalau belum tahu, silakan baca tips untk berwisata kuliner yang menyenangkan. Siapkan Uang Yang Cukup!
Tentu saja! Namanya juga wisata kuliner, tidak ada yang gratisan. Kecuali dapat undangan pembukaan restoran. Tolong diperhatikan, tempat makan yang bakal disambangi. Paling enak kalau sebelumnya sudah ada bayangan, berapa harga makanan di tempat tersebut. Kalau lokasinya kaki lima, siapkan modal yang mungkin tidak terlalu besar. Kecuali ulang tahun dan ntraktir kawan-kawan yang jumlahnya sekampung.

Kalau makannya di restoran besar, ya jangan bawa modal untuk makan kaki lima. Daripada nanti harus ninggal KTP gara-gara duitnya kurang?

Kosongin Perut !
Kalau dari siang sudah terisi pernuh, dijamin pas sore sampe malam makan-makan, kenikmatan makanan itu bakal berkurang. Yang ada malah mual, mules dan buru-buru ke belakang.

Jangan Sok Royal
Usahakan jangan sok royal, ngebayarin semua makanan. Kalau manusianya cuma satu dua orang sih nggak apa-apa, tapi kalau sekampung ikut makan, bisa-bisa besoknya kamu nggak bisa makan sebulan loh.

Jangan Dandan Yang Menor
Kalau wisata kuliner kaki lima, usahakan jangan dandan terlalu menor. karena kamu bukan sedang peragaan busana. Biasa saja. Apalagi kalau makan sea food misalnya yang harus pakai tangan, bisa-bisa dandanan menor kamu belepotan bau sambel.

Bawa Pencuci Tangan Sendiri
Kalau di tempat makan kamu terbiasa pakai tangan, usahakan bawa pencuci tangan sendiri. Kadang-kadang tempat makan yang kita tuju hanya menyediakan air saja. Padahal bau terasi, bumbu, saos dan ikan yang kita makan, sangat kuat nempel di tangan. Daripada ngelus rambut pacar tapi bau trasi, mendingan sedia payung sebelum hujan.

Jalan Kaki atau bawa Motor saja !
Daripada kejebak macet, perut lapar, kepala pusing dang ngomel-ngomel nggak karuan, mending jalan kaki saja. Kalau nggak, pake motor saja rame-rame. Ngirit dan cepat sampai tujuan. Bawa mobil memang lebih keren dan bergengsi, tapi kalau lagi macet-macetnya, mau makan gengsi?

Jangan Kemaruk !
Gara-gara rekomendasi banyak makanan, maunya semua dicoba sekaligus. Jangan kemaruk! Pesan yang ringan dulu, baru kemudian yang sangt direkomendasikan. Daripada nggak kemakan, sayang bukan….

Penulis : Joko
Sumber : http://www.rileks.com