Jangan dulu mengaku kenal baik dengan Bandung karena kota ini, tak cuma punya angklung, Dago, Gedung Sate, FO alias factory outlet yang tumbuh subur di pusat kota. Masih banyak tempat asyik disekitarnya yang akan melengkapi pengalaman liburan Anda. Dan, Bandung Utara salah satunya. 18 Keasyikkan di Bandung Utara
Berbincang tentang Bandung Utara atau Bandung pada umumnya tentu tak lepas dari Gunung Tangkuban Perahu. Oleh warga Bandung dan sekitarnya, gunung setinggi 2.084 m ini dianggap istimewa. Tercipta akibat ulah Sangkuriang, tokoh legendaris di seantero tanah Pasundan.

Menurut legenda, gunung ini berasal dari perahu yang dibuat oleh Sangkuriang sebagai syarat mempersunting Dayang Sumbi, wanita yang ternyata adalah ibunya sendiri. Namun, upaya itu gagal. Dengan penuh amarah, Sangkuriang menendang perahunya dan menjadi gunung seperti yang sekarang ini.

Bandung Utara juga tak lepas dari sebuah peristiwa sejarah yang tak terlupakan oleh bangsa ini yaitu, Bandung Lautan Api. Saat Belanda kembali ke Jawa dan Indonesia dengan “baju” barunya, NICA (Nederlands Indie Civil Administration) pada tahun 1946, Bandung pun tak luput dari incaran.

Untuk memecah kekuatan militan di kawasan tataran Sunda, Bandung dibagi menjadi 2 wilayah (utara dan selatan). Dan puncaknya pada 24 Maret 1946, seluruh warga dan pejuang rela meninggalkan kota tercintanya dan membumihanguskan seisi kota dengan harapan tak ada lagi yang bisa dimanfaatkan oleh penjajah.

Kini, kawasan di utara Kota Kembang ini terus menggeliat dan mempercantik diri. Kawasan Dago berkembang pesat dan jadi tempat nongkrong paling asyik se-Bandung dengan munculnya resto dan kafe berkonsep unik yang ditawarkannya. Demikian juga Lembang. Selain terus mempercantik objek wisata alamnya, kawasan ini juga terus dihiasi resto maupun kafe baru yang memberikan pengalaman kuliner istimewa.

Are you ready to open the next page of Paris van lava?

Observatorium Bosscha

Membahas Kota Lembang tentunya tidak bisa dilepaskan dari salah satu landmark-nya yang terkenal, yaitu Observatorium Bosscha. Didirikan pada tahun 1923, Observatorium Bosscha memiliki fasilitas teropong bintang dan perpustakaan astronomi terbaik dan terlengkap se-Asia Tenggara.

Meski bukan termasuk tempat wisata, Observatorium Bosscha tetap dibuka untuk umum. Untuk berkunjung Anda perlu mendapat ijin dari pihak pengurus yang berwenang. Pihak pengelola observatorium telah mengatur jadwal kunjungan resmi yang akan membuat kunjungan Anda lebih nyaman. Anda bisa memilih kunjungan siang ataupun malam hari.

Di malam hari, selain mendapat cerita seputar astronomi dan melihat fasilitas teropong, Anda juga bisa melakukan aktivitas meneropong benda-benda Iangit dengan Teropong Bamberg, Unitron atau teropong portable.

Dari lima releskop utama yang dimilikinya, Refraktor Ganda Zeiss merupakan yang terbesar dan pertama dimiliki Bosscha. Teleskop berdiameter total 120 sentimeter ini berfungsi terutama sebagai alat pengamatan bintang ganda dan planet. Berbobot hingga 12 ton, teleskop Zeiss berdiri di atas lempengan roda yang dapat bergerak vertikal dan memutar sesuai kebutuhan.

Sayangnya alat ini seringkali tak dapat berfungsi baik lantaran beberapa komponennya yang rusak termakan usia. Lagi-lagi, peran pemerintah dalam pemeliharaan fasilitas penelitian ini masih sangat minim. Sangat disayangkan jika keberadaan fasilitas secanggih Observatorium Bosscha terbuang sia-sia karena kurangnya kepedulian kita sendiri.

Jelajahi Taman Hutan Raya Ir.H.DJuanda
Jl. Dago Pakar No. 99
Bandung

Kawasan Tahura dapat diakses melalui empat pintu yang berbeda. Anda bisa masuk melalui Pintu I, II atau III yang berlokasi di daerah Dago Pakar atau melalui Pintu IV yang berada di daerah wisata Maribaya. Objek wisata terluas di kawasan Bandung Utara ini menawarkan beragam jenis wisata menarik dan langka. Salah satunya adalah Goa Belanda dan Goa Jepang.

Kedua goa ini merupakan peninggalan dari masa penjajahan yang dibangun pada tahun 1918 (Goa Belanda) dan 1942 (Goa Jepang). Goa Belanda pernah digunakan sebagai terowongan pipa PLTA Bengkok, stasiun radio telekomunikasi dan sel para tahanan perang yang dirangkap pada masa tersebut.

Semenrara Goa Jepang lebih banyak digunakan sebagai tempat persembunyian, pusat komunikasi dan tempat penyimpanan amunisi. Minimnya cahaya dan udara yang dingin di tempat ini, menyebabkan suasana di dalam goa sedikit spooky. Untungnya selama tur Anda akan didampingi seorang guide. Warisan sejarah lainnya yang juga dapat Anda saksikan di Tahura Djuanda ini adalah Prasasti Thailand yang merupakan peninggalan Raja Chulalongkorn II (Rama V) dari kunjungan peziarahannya yang dilakukan pada tahun 1896 Masehi.

Selain wisata sejarah, Anda juga bisa menikmati berbagai objek wisata lain yang ada di kawasan Tahura seperti Museum Ir. H. Djuanda, Patahan Lembang, Curug Lalay, dan koleksi flora dan fauna. Fasilitas jogging track dan kursi taman yang tersebar di kawasan ini sering digunakan warga untuk berolahraga maupun piknik bersama.

Curug Omas yang Curam
Kompleks Taman Hutan Raya
Jl. H. Djuanda, akses melalui Pintu IV

Anda bisa masuk melalui Pintu IV kawasan Tahura yang berlokasi di daerah wisata Maribaya. Setidaknya berjalan kaki sejauh 200 meter sebelum mencapai lokasi curug. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter ini memiliki kedalaman hingga 10 meter. Oleh sebab itu pengunjung sangat dilarang melakukan akrivitas di sekitar air terjun seperti berenang atau berjalan-jalan di area bebatuannya.

Dua jembatan yang berdiri di atas curug merupakan warisan penjajahan Belanda yang dibangun pada periode 1900an. Namun karena kurang terawat, jembatan ini cukup memprihatinkan dan berbahaya bagi keselamatan pengunjung Tahura. Kondisi memprihatinkan juga tampak di lingkungan sekitar air terjun yang dipenuhi tumpukan sampah dan limbah yang berasal dari aliran Sungai Cikapundung.

Maxi’s Resto
Jl. Gunung Agung 8
Ciumbuleuit, Bandung

Maxi’s Resto adalah tempat yang tepat untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat. Bangunan resto ini mengadopsi sebuah rumah tua dari jaman Belanda dan halamannya yang juga terasa homey. Maxi’s Resto menyajikan berbagai pilihan hidangan western, khususnya grill dan steak.

Beberapa pilihan menu yang wajib Anda coba diantaranya, Filleto Alla Maxis, grilled tenderloin yang disajikan dengan anggur merah, bayam, parsley potato dan sayur-sayuran seperti wortel dan brokoli, Zurich Geschnetzelt, daging cah yang dimasak dengan jamur dan anggur putih, dan Salmon Jubile, salmon segar yang dikukus dan disajikan dengan saus anggur putih.

Sebagai pelengkap, Anda wajib mencoba Maxi’s Punch, yaitu racikan “ajaib” yang terdiri dari es krim mangga dan sirup buah lychee.

Dining Date at The Sierra
Jl. Bukit Pakar Timur No.33
Bandung

Terkenal sejak enam tahun yang lalu, kapasitas besar dan sajian hidangan lezat menjadi alasan Sierra tetap digemari tak cuma oleh warga Bandung tapi juga dari Bogor dan Jakarta hingga saat ini. The Sierra tak cuma berfungsi sebagai resto, tapi bisa juga dijadikan tempat wedding, corporate gathering atau pesta ulang tahun.

Area outdoor-nya memungkinkan para tamu menikmati sunset di sore hari, jadi andalan tempat ini. Masih dengan menu western andalannya, The Sierra kini tengah mempromosikan menu barunya yang menggunakan daging berkualitas tinggi Australian Kobe dan Black Angus.

Selain itu, Sierra tetap hadir dengan menu-menu lainnya, yaitu Australian Rib’s Eye Steak dan beverage-nya yang tersohor, Blueberry Juice.

Makan Klakun Lezat di Neo Calista
Bukti pakar timur Dago IV
Kav.B1, Bandung

Kini Anda Bisa merasakan gurihnya kalkun di resto ini. Lengkap dengan gravy dan stuffing seperti disajikan di negara asalnya, Paman Sam. Namun berbeda dengan sajian aslinya, stuffing yang terbuat dari campuran roti sandwich, wortel, seledri, bawang Bombay, kalkun cincang dan poultry seasoning ini tidak dijadikan satu dalam daging melainkan disajikan terpisah.

Daging kalkun memiliki tekstur yang lebih tebal dan rasa yang lebih gurih dari ayam. Namun kalkun lebih sehat dengan nilai protein yang lebih tinggi dan nilai kalori, lemak serta kolesterol yang lebih rendah.

Sebagai menu andalan, resto ini menyajikan Roast Turkey Soup, hidangan appetizer berupa cream soup berisi irisan kalkun panggang dan sayur-sayuran. Untuk main course, cicipi kelezatan “Calista” Roast Turkey, hidangan kalkun muda lengkap dengan croquette potato, sayur ratutouille, stuffing dan (home made) turkey gravy sauce.

Nongkrong di Lisung Resto
Jl. Dago Pakar Timur no.111
Bandung

Suasana etnik klasik pada resto ini tergambar jelas dari struktur bangunannya berikut pernak-perniknya yang didominasi oleh kayu yang berukir. Hal ini sesuai dengan Lesung (alat untuk menumbuk padi tempo dulu) yang kemudian diplesetkan menjadi “Lisung”, nama yang kini disandang kafe ini.

Jangan lupa untuk mencoba menu khas ala Lisung, Nasi Panggang Lisung berupa nasi yang dipanggang bersama jamur, ati, sayur dan disuguhkan bersama ayam, tahu, tempe goreng dan kerupuk. Porsinya besar, dijamin Anda kenyang.

Selain itu, ada pula Nasi Panggang Kompeni. Menu yang berisi nasi yang bagian atasnya ditaburi oleh daging sapi, jamur, paprika, bawang Bombay dan keju mozarella yang sangat menggugah sclera. Yummy! Setiap bulan, resto ini merilis menu baru.

Soal minuman, Lisung juga punya menu yang tak kalah asyik. Sebut raja Kopi Cokelat, Nice Dream (cokelat, oreo dan ice cream), Blue Moon (avocado, coffee dan vanilla ice cream), Kopi Mint, Kopi Sirup dan Kopi Jahe.

Bersantap di sini juga tak perlu takut isi dompet bakal terkuras karena harganya relatif murah (mulai Rp.15.000,- s/d Rp.35.000,-). Patut diperhatikan, jangan coba-coba untuk mengunjungi Lisung pada malam Minggu. Bersiaplah untuk mengantri!

Have Fun at Odeum
ODEUM Building 1st Floor,
Parisj Van Java Mall,
Sukajadi Bandung,

The latest and hottest club in Bandung to date! Terdiri dari tiga venue yang menyajikan suasana dan entertainment berbeda bagi masing-masing pengunjungnya. Awali malam Anda dengan fine dining istimewa di Secret Garden Restaurant yang menyajikan menu makanan Indonesia, Asian dan Western. Tirai sutera dan chandelier di sepanjang dinding resto memberi kesan glamor.

For a more chill experience, langkahkan kaki menuju Pure Lounge yang berada tepat di atas Secret Garden Resto. Desain interior minimalis yang didominasi nuansa putih dan hijau pupus memberikan suasana santai di area indoor dan outdoor-nya.

Iringan beat deep house yang mengalun di area lounge pun akan semakin memanjakan Anda. Namun jika ingin suasana yang lebih hype dan meriah, Mansion Club adalah pilihan yang tepat. Area clubbing yang berada tepat di samping Secret Garden ini mengadopsi tema mansion megah dan eksklusif.

Lengkap dengan susunan sofa velvet, royal chairs dan tirai-tirai panjang yang menutupi giant window-nya. Mansion Club is the place to be to have your fun, crazy and wild times!

Serba Kelinci

Jalan raya Setiabudi menuju Lembang, terlihat pondok-pondok kecil yang menawarkan kelinci. Selain kelinci yang masih hidup, deretan pondok ini juga menjual Sate Kelinci. Sejak dulu, daerah antara Bandung don Lembang sudah dikenal sebagai sentra kelinci. Banyak yang meyakini daging arau organ tubuh lain dari kelinci, bisa meningkatkan kesuburan, kecerdasan otak, menyembuhkan penyakit asma dan tentunya mengenyangkan perut.

Sate Kelinci ini dijual sekitar Rp.12.000,- s/d 15,000,- per porsinya. Seperti sate pada umumnya, daging, hati, ginjal Kelinci yang telah dicincang, akan dipanggang di atas bara. Setelah matang, sate pun disajikan dengan bumbu kacang atau kecap serta potongan cabe rawit dan irisan tomat serta ketimun. Plus sebakul nasi putih hangat sebagai pelengkap.

Untuk yang belum terbiasa, mungkin sate ini tidak ada bedanya seperti Sate Ayam. Sebenarnya daging kelinci Iebih keras, namun tidak sekeras daging kambing atau sapi. Tapi satu hal yang pasti, hmmm… ngeunah pisan euy! (bahasa Sunda: enak sekali!).

Selain sate, Anda juga bisa menikmati menu Gule Kelinci seharga Rp.8.000,- per porsi. Sedikit berbeda dengan Sate Kelinci, gule ini juga menggunakan tulang dan bagian lemak yang mengapung dalam semangkok kuah kaldu. Super gurih! Anda juga bisa menyantap gule ini bersama nasi putih hangat plus Sate Kelinci. Setelah menyantapnya, tubuh akan terasa lebih hangat.

Minum Susu Segar Sepuasnya di Lembang

Salah satu yang bisa dicoba adalah di Saung Bintang. Berada di tepi jalan raya Lembang, tak jauh dari patung sapi, yang berdiri di tepi jalan, saung ini menawarkan aneka miauman susu.

Ada susu murni putih, cokelat, kopi, moka, strawberry, madu, jahe, telur, telur madu, telur jahe dan yoghurt aneka rasa (cokelat, durian, leci, madu, moka, dll).

Harganya juga murah, Rp.6.500,- s/d Rp.11.000,per gelas. Sayangnya, pelayanan di sini agak lambat.

Mencicipi Populernya Ayam Goreng Brebes
Jl. Raya Lembang
Bandung

Hampir setiap jam makan atau pada hari Sabtu dan Minggu, resto ini terisi penuh. Di Lembang saja, Ayam Goreng Brebes ini sampai membuka empat cabang. Ayam kampung goreng yang ditemani dengan rempe atau tahu gorengnya (Rp.15.000,-/potong) di sini terasa lebih lezat.

Sambalnya yang yahud menambah nikmatnya. Bila Anda tergolong pemakan dengan porsi besar, menu lain yang menarik untuk dicoba adalah nasi timbel (Rp.22.000,-) yang dihidangkan bersama ayam goreng, tahu-tempe goreng, lalapan dan sambal terasinya yang khas.

Nasi Bakar dan Sate Maranggi
Jl. Raya Dago
Bandung

Jajanan khas Sunda yang biasa muncul di malam hari ini bisa Anda temukan salah satunya di jalan raya Dago, Bandung Utara. Terbungkus daun pisang seperti lontong namun ukurannya lebih besar. Jenisnya ada Nasi Bakar Ayam, Nasi Ati Ampela, Nasi Oncom Ayam dan Nasi Ikan Teri.

Sebelum dihidangkan, nasi dibakar terlebih dahulu selama 10-15 menit. Panasnya api akan menyebabkan seluruh bumbu bercampur dengan nasi secara sempurna hingga nasi terasa lebih gurih. Setelah matang, Anda bisa langsung menyantapnya begitu saja atau ditemani dengan seporsi Sate Maranggi, yaitu sate yang terbuat dari daging sapi. Harga per bungkusnya hanya Rp.6.000,sedangkan Sate Maranggi isi 10 tusuk Rp.10.000,-.

Jajanan Klasik di Waroeng Soerabi Enhaii
jl. Dr. Setiabudi No.186
Bandung

“Warung gaul” yang sudah ada selama bertahun-tahun ini merupakan salah satu tempat nongkrong remaja Bandung. Setiap malam, warrung ini selalu terlihat ramai. Serabi yang dijual di sini cukup variatif. Mulai dari Serabi Oncom, Serabi Telor, Serabi Sosis, Serabi Ayam, hingga Serabi Keju. Ada pula Serabi manis seperti Serabi Cokelat. Susu, Pisang Cokelat, Nangka, dan masih banyak lagi.

Beragam serabi nikmat ini hanya Rp.2.500,- s/d Rp.7.500,per porsinya. Selain serabi, warung ini juga menyediakan camilan lain, seperti Colenak, pisang bakar, dan menu “Barat” seperti Omelet, Sandwich sampai Steak. Tidak ketinggalan pula berbagai minuman hangat (bandrek dan kopi susu) yang pas untuk udara yang cukup dingin.

“Mendaki” Tangkuban Perahu

Dari kota Lembang, susuri jalan raya. Setelah melewati Cikole dan memasuki kawasan hutan pinus yang sejuk, berjalanlah perlahan hingga menjumpai tanda Gunung Tangkuban Perahu. Lalu berbeloklah ke kiri. Tak lama kemudian, Anda akan menemukan gerbang pintu masuk.

Gunung Tangkuban Perahu memang terlihat sangat indah. Dari bibir kawah yang dalam, Anda bisa melihat kawah gunung dengan kepulan asap tipis serta lereng gunung yang berbaris rapi.

Di kawasan Gunung Tangkuban Perahu sendirian, ada 12 kawah yang masih aktif. Namun, hanya tiga yang bisa dengan mudah dilihat, yaitu kawah Ratu, Upas dan Domas. Dari ketiga kawah itu, hanya Kawah Domas yang aman untuk dilihat dari dekat. Agar lebih leluasa, Anda bisa melihat pemandangan gunung ini dari atas bangunan tourism office dan gedung informasi.

Merebus telur di Kawah domas

Bosan hanya menyaksikan kawah dari kejauhan atau ingin mengetahui bagaimana keadaan kawah gunung dari dekat? Anda bisa menuju Kawah Domas yang berjarak sekitar 1.200 meter dari kawah utama.

Setelah menyusuri jalan menurun yang terlindung pepohonan rindang dan warung-warung mungil selama sekitar 25 menit, Anda akan tiba di tujuan. Sebaiknya hindari menggunakan sandal jepit atau sejenisnya saat melakukan perjalanan ini agar kaki anda tidak tersiksa.

Di antara bebatuan yang berserakan, terdapat beberapa kolam mungil yang dipagari bebatuan. Uniknya kolam itu berisi air dengan suhu yang berbeda, mulai dari hangat-hangat kuku sampai panas.Bahkan pada sebuah kolam, terdapat semburan air yang keras dan panas.

Ada kebiasaan unik yang kerap dilakukan oleh para wisatawan di tempat ini, yaitu merebus telur! Jangan kaget dulu, kolam yang paling panas ini memang bisa membuat telur jadi matang hanya dalam waktu 10 menit. Tidak percaya? Coba sendiri, jangan lupa untuk membeli telur mentah yang banyak dijual di warung sekitar kolam, harga per butirnya Rp. 2.000,-.

“Wisata Mata” dari Puncak Tangkuban Perahu ke Ciater

Hamparan perkebunan teh yang membentang luas jadi pemandangan yang menawan. Pepohonan teh seolah saling berkejaran mendaki bukit-bukit yang menjulang. Sungguh menyegarkan mata!

Seperti halnya Puncak, di sepanjang jalan ,yang lengang ini terdapat pondok-pondok yang menawarkan buah-buahan dan sayuran segar hasil kebun petani sekitar. Tentukan spot yang tepat dan berhentilah barang sejenak untuk meresapi pesonanya.

Feel The Sensation of Natural Hot Spring
Sari Ater Hot Spring Resort
JI. Raya Ciater-Subang

Tujuan berikutnya adalah Subang. Lokasinya berada di perbatasan, sehingga banyak yang menganggapnya sebagai bagian dari Bandung. Sejak puluhan tahun silam, Ciater memang sudah dikenal sebagi tujuan utama oleh mereka yang ingin merasakan sensasi natural hot spring.

Meski begitu, kondisi pemandian Ciater yang berada di kawasan hotel dan resor ini telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga lebih nyaman, tertata dan dilengkapi berbagai fasilitas.

Kolam air panas ini terisi oleh sungai berair panas yang mengalir sepanjang 2000 meter di kawah Tangkuban Perahu. Pengalaman menunjukkan, berendam beberapa lama di kolarn air panas ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kelumpuhan, rematik, gangguan syaraf, tulang, sampai kulit.

Setelah melewati gerbang masuk dan membeli tiket masuk kawasan (Rp.14.000,-/orang). Anda bisa langsung memilih lokasi maupun kolam dengan suhu yang berbeda, antara 37-42 derajat Celcius.

Bila ingin suasana yang lebih eksklusif, bisa menuju tujuh kolam yang tersedia, namun dikenakan biaya tambahan (Rp.8.000,- s/d Rp.27.500,- /orang). Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas private room.

Pada saat weekend suasana di tempat ini akan terasa semakin seru dan meriah. Beberapa atraksi yang menghibur seperti Domba Tangkas, pertunjukkan Sisingaan khas Subang, live music, dan atraksi lainnya sengaja disajikan.

Berpetualang dengan Keluarga
Ciater Spa Resort
JI. Raya Ciater-Subang

Bukan cuma hot spring yang menjadi andalan Ciater. Di tempat ini Anda juga bisa menjalani sejumlah aktivitas petualangan yang seru bersama keluarga tercinta.

Meluncur deras di arena flying fox (Rp.15.000,-/orang), melintasi trek dengan ATV (All Terrain Vehicles), melintasi jeram menantang dengan perahu karet (Rp.30.000,- s/d Rp.30.000,-/orang atau menjelajahi danau dengan perahu sampan adalah aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Sumber: Majalah Tamasya