Pemenang Academy Award, sutradara kontroversial Amerika Michael Moore telah menambah lebih dari 60 ribu dolar untuk pembangunan pusat komunitas Muslim di kota New York.

Dalam sebuah blog yang memperingati sembilan tahun peristiwa 9/11, Moore meminta para pendukungnya untuk memberikan sumbangan bagi pembangunan proyek konstruksi pusat komunitas muslim tersebut, dan berjanji untuk mencocokkan dolar-untuk-dolar hingga $ 10.000.

Hanya dalam waktu kurang dari 48 jam, ribuan orang menanggapi seruan Moore tersebut dan menyumbangkan hampir $ 60.000, Arab News melaporkan.

“Situasi perekonomian memang lagi sulit, dan usaha kami mendukung saudara-saudara muslim bukan hal yang populer untuk di lakukan sekarang,” tulis More di blognya.”Saya benar-benar tersentuh oleh kemurahan hati Anda – dan orang di seluruh dunia akan tahu bahwa Anda, juga, mewakili Amerika meskipun mereka jarang bisa melihatnya.”

Masjid Ground Zero, juga disebut sebagai proyek Park51, adalah model sebuah pusat komunitas terletak di Y Street 92 dan akan memiliki pusat kebugaran, lapangan basket, kolam renang, restoran, perpustakaan, dan masjid.

Proyek ini telah dikritik tajam, terutama oleh Partai Republik AS karena kedekatannya dengan lokasi Ground Zero tempat kompleks World Trade Center berdiri sebelum dihancurkan pada serangan 11 September 2001.

“Sangat tidak tepat nenyalahkan seluruh kelompok untuk tindakan yang hanya dilakukan oleh satu kelompok yang anti-Amerika,” tulis Moore. “Timothy McVeigh adalah seorang Katolik. Haruskah kota Oklahoma melarang pembangunan sebuah Gereja Katolik dekat lokasi bekas gedung federal yang diledakkan McVeigh ?.”

Moore menegaskan bahwa Islam telah “dicuri dari umat Islam yang sebenarnya” di Menara Kembar, dan ini harus diberikan kembali kepada mereka di tempat yang sama.

“Ada McDonald’s dua blok dari Ground Zero. Percayalah., McDonald’s telah membunuh orang yang jauh lebih banyak dari para teroris,” kata Moore.

“Mari kita hadapi itu, semua agama memiliki ekstrimis…. Tapi kita jangan menilai seluruh agama hanya pada tindakan ekstrimis sekelompok dari mereka.”

Michael Moore terkenal sebagai pembuat film dokumenter yang kontroversial. Film dokumenternya sering membuat ‘gerah’ gedung putih karena banyak membongkar kebobrokan dan skandal di pemerintahan AS.(fq/arabnews)