REPUBLIKA.CO.ID,SIBOLGA–Tiga maskapai untuk sementara waktu menutup rute penerbangan ke Bandara Pinang Sori, Sibolga di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menyusul meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo.

Humas PT Angkasa Pura II Firdaus di Medan, Senin, mengatakan, tiga maskapai itu adalah Merpati, Susi Air dan Wings Air. Tiga maskapai itu menutup untuk sementara waktu penerbangan lokalnya ke Bandara Pinang Sori di Tapanuli Tengah karena khawatir debu vulkanik yang dikeluarkan Gunung Sinabung akan membahayakan keselamatan penerbangan.

Dari pantuan yang dilakukan, diketahui Gunung Sinabung telah menyemburkan lava yang diiringi debu vulkanik hingga ketinggian 2.000 kaki. Kondisi itu diperkirakan akan menyulitkan pilot jika pesawat melintasi kawasan sekitar gunung.

“Berdasarkan data yang kita terima, Gunung Sinabung terus mengeluarkan asap dan debu. Bahkan mencapai ketinggian 2.000 kaki,” katanya. Namun Firdaus tidak menyebutkan batas waktu penutupan penerbangan lokal ke Bandara Pinang Sori tersebut.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura II Bram Bharoto Tjiptadi menyatakan, rute penerbangan yang terganggu akibat meletusnya Gunung Sinabung hanya Medan-Sibolga saja. “Rute lainnya tidak terganggu,” katanya.

Gunung Sinabung meletus pertama kali pada Minggu (29/8) dini hari pukul 00.08 WIB serta mengeluarkan asap dan abu hitam yang diserta lontaran lava pijar. Akibat meletusnya Gunung Sinabung itu, ribuan masyarakat diungsikan ke sejumlah lokasi yang dianggap aman dalam radius minimal enam Km dari kaki gunung tersebut.