Sabtu, 5 Juni 2010 | 17:24 WIB

MEDAN, KOMPAS.com – Malaysia memperhitungkan turis asal Sumatera memberikan kontribusi hingga 50 persen dari 2,4 juta orang target kunjungan wisatawan Indonesia ke negara itu. “Wisatawan asal Medan, Sumatera Utara misalnya, masih sangat berpotensi besar untuk menjadi pelancong ke Malaysia,” kata Direktur Tourism Malaysia, Noor Azman Samsudin, di Medan, Sabtu.

Menurut dia, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Malaysia itu, “stake holder” pariwisata di negara itu melakukan jemput bola antara lain terus meningkatkan promosi. Firefly–perusahaan penerbangan anak Malaysia Airlines, misalnya bekerja sama dengan empat biro perjalanan wisata di Sumut memasarkan tiket murah dari Medan ke Penang dan Medan – Subang, Malaysia.

Harga tiket yang mulai 270 Ringgit Malaysia untuk Medan- Subang dan 318 Ringgit Malaysia dari Medan-Penang itu diharapkan bisa semakin meningkatkan wisatawan ke Malaysia. Penjualan tiket murah itu berlaku mulai 10 Mei hingga 30 Oktober 2010.

“Indonesia merupakan pemasok terbesar kedua wisatawan ke Malaysia setelah Singapura,” kata Azman.

Kepala BPS Sumut, Alimuddin Sidabalok, mengatakan, jumlah wisatawan dari Malaysia sendiri terus naik atau sudah mencapai 34.633 otang atau naik 7,45 persen dari periode sama tahun sebelumnya yang 32.233 orang.
Bahkan, Malaysia tercatat merupakan pemasok terbesar wisatawan ke Sumut yang periode Januari – April 2010 mencapai 61.961 orang.

Secara total kunjungan wsatawan ke Sumut juga naik 21,81 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang 50.869 orang.