Sabtu, 15 Mei 2010, 19:10 WIB

Smaller Reset Larger

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG– Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan kuota haji pada 2010 kemungkinan besar naik dibandingkan dengan jumlah yang ditentukan pada musim haji tahun lalu. “Kuota haji untuk tahun ini kemungkinan naik dari 207.000 orang menjadi 211.000 orang,” kata Suryadharma di Semarang, Sabtu (15/4).

Namun, ia belum dapat memerinci pembagian kenaikan kuota haji pada tahun ini. Selain peningkatan kuota, kata dia, saat ini juga sedang dibahas kemungkinan kenaikan biaya ibadah haji.

Besaran kenaikan tersebut, lanjut dia, belum dapat disebutkan secara pasti karena masih dalam pembahasan dengan Dewan Perwakilan Rakyat. “Kita tunggu dulu hasil pembahasan antara DPR dengan pemerintah,” kata Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan ini.

Sebelumnya, pemerintah sempat mengusulkan kenaikan biaya penyelenggaran ibadah haji 2010 sebesar 133 dolar Amerika Serikat. Dengan demikian, besar biaya yang harus dibayar para calon haji menjadi sebesar 3.577 dolar AS.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah Masyhudi mengatakan kuota haji provinsi ini pada tahun 2010 sebesar 29.435 orang. Kuota haji sebanyak itu, kata dia, telah terisi penuh seluruhnya. Meski demikian, lanjut dia, kuota sebanyak itu kemungkinan masih akan bertambah, tergantung keputusan pemerintah pusat.

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber: Ant