INFORMASI HAJI

13 April 2010 – 10:44 WIB

JAKARTA – Calon Jemaah Haji 2010 akhirnya bisa bernapas lega. Pada musim haji mendatang dipastikan tak akan ada lagi jemaah bakal mengeluhkan letak pemondokan mereka yang sangat jauh dari masjidil haram.

Menteri Agama RI, Suryadarma Ali, mengatakan, pihaknya merasa bahagia, tekad untuk memperdekat pemondokan bagi jemaah haji tercapai. Tentu saja, kebahagiaan pihaknya, kata Suryadarma juga kebahagiaan bagi para calon haji yang akan datang.

“Target kementerian agama untuk mendekatkan pemondokan tercapai,” kata Suryadarma saat konferensi pers di Bandara Sukarno Hatta, Tangerang, Ahad (11/4). Menurut Suryadarma, pada 2009 lalu jarak terjauh mencapai hingga 7 kilometer. Sementara tahun 2010 jarak terjauh hanya 4 kilometer.

“Dengan perubahan tersebut, kami sangat gembira,” ungkapnya. Sedangkan di Madinah, menurutnya, tim penyewaan perumahan telah merencanakan penempatan jemaah di wilayah Markaziah, minimal 90 persen. Sedangkan tahun 2009 lalu, jamaah yang mondok di wilayah tersebut hanya mencapai 83,52 persen. “Sampai saat ini masih dalam proses verifikasi administrasi,” papar Ketua Umum PPP ini. Begitupun hotel transito di Jeddah. Di hotel tersebut, pihak Kementerian RI, juga masih menyelesaikan persoalan administrasi. “Namun yang pasti, insyaallah, jemaah haji 2010 lebih baik.”

(www.republika.co.id)