DUNIA ISLAM

06 April 2010 – 11:53 WIBB
OHIO -Bagi banyak Muslim di Amerika Serikat, Masjid Toledo, atau yang bernama asli Toledo Masjid al-Islam mempunyai catatan tersendiri. Masjid yang pertama di Toledo dan kesembilan di AS ini, menjadi saksi jatuh bangunnya umat Islam negeri ini. Didirikan tahun 1954, masjid ini mengalami buka-tutup beberapa kali.

Pertama kali didirikan, masjid yang masih merupakan Islamic center ini nempel di salah satu ruangan di dua bangunan di East Bancroft Street, pada Oktober 1954. Tahun 1983, Islamic Center Toledo ini pindah ke Perrysburg Township. Di Toledo, kegiatan vakum. Hingga beberapa bulan lalu, sebuah bangunan tua di pusat kota ditawarkan pada Toledo Masjid al-Islam. Mereka pun minta waktu untuk menggalang dana. Bulan Maret, bangunan megah itupun terbeli.

Sebelumnya, bangunan ini merupakan pusat kegiatan pemuda Connecting Point. Selain itu juga menjadi kantor beberapa instansi pemerintah, termasuk pusat membagian kupon makan gratis bagi warga kurang mampu. Tak banyak perubahan yang dilakukan untuk menyulap gedung itu menjadi masjid. Tembaga khas kubah masjid yang telah dihiasi dengan bulan sabit dan bintang dipasang di salah satu atapnya. Jendela tinggal diubah menjadi bentuk melengkung. Kini, masjid telah siap beroperasi. Kami telah menerima banyak dukungan dari warga Toledo, kata Imam Syamsuddin Waheed. Setiap masjid di kota ini telah memberikan dukungan yang signifikan untuk proyek ini. Mereka telah memberikan dengan murah hati. Bangunan 3.800 meter persegi ini dibeli dengan harga 60 ribu dolar AS. Bagaimana bisa mengumpulkan uang sebanyak itu dalam waktu beberapa bulan saja? Rupanya, 50 jamaah bergerak bersama mengumpulkan dana. Termasuk untuk renovasi. Sungguh ini menjadi bukti, kalau kita bekerja bersama, maka tak ada halangan yang tak bisa dilalui, tambah Shamsuddin.

Bagi John Shousher, 81 tahun, melihat masjid Toledo kembali berdiri, ingatannya seperti kembali ke masa 1954. Saat itu dengan cara yang sama — patungan dan menggalang dana bersama — kaum Muslim Toledo mendirikan masjid pertama. Itu masjid pertama di Toledo dan di negara bagian Ohio. Hati kami ada padanya, ujarnya.

(http://www.republika.co.id)