INFORMASI HAJI

13 April 2010 – 10:50 WIB
JAKARTA–Menteri Agama, Suryadharma Ali, mengatakan konfirmasi dari Kerajaan Arab Saudi soal kouta haji Indonesia untuk 2010 akan disampaikan pada Juni ini, yakni ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melawat ke Arab Saudi.

“Saya berharap nanti jawaban itu diberikan ketika Presiden berkunjung ke sana,” kata Menag di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (12/4). Indonesia meminta tambahan kuota haji kepada Arab Saudi.

“Kami juga meminta kepada Pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Urusan Haji, Dr Fuad Abdus Salam Al Farsi, agar ada penyesuaian jumlah kuota jamaah haji, minta ditambah, istilahnya penyesuaian,” ungkapnya. Terkait dengan kuota jemaah haji, Surya menyebutkan, saat ini Indonesia baru mendapatkan jatab 207 ribu.

Kemudian, kuota ditambah tiga ribu menjadi 210 ribu. “Saya meminta agar bisa ditingkatkan menjadi 235 ribu. Jadi, ya sebagai satu upaya untuk 2010,” ungkapnya. Saat ini, kata Surya, sudah 48 persen dari total jemaah yang sudah dekat (ring I) dengan Masjidil Haram. “Nah, yang lalu cuma 27 persen, kalau sekarang 48 persen, kisaran 50-60 persen, Insya Allah tercapai pada 2010,” janjinya. Pemondokan yang masuk ring I itu, berjarak 0-2 ribu meter dari Masjidil Haram, pada 2009 sebanyak 27 persen. Sedangkan, jarak terjauh dari Masjidil Haram pada 2009 adalah tujuh kilometer.

“Sekarang jarak terdekat empat kilometer dan sudah mencapai kira-kira 23 persen dari kebutuhan,” paparnya.

(www.republika.co.id)