SERBA SERBI HAJI-UMRAH

09 Maret 2010 – 12:59 WIB
MEDAN – Antusias masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk menunaikan ibadah haji mengalami peningkatan. Pertanggal 3 Maret, jumlahnya mencapai 37.770 orang dengan uang setoran mencapai 20 juta perorang.

Hal itu berarti daftar tunggu calon haji (calhaj) dari Sumut sudah sampai 2014. Kabid haji Kanwil Depag Sumut, Abdul Rahman Harahap, mengatakan minat masyarakat Sumut menunaikan ibadah haji terus mengalami peningkatan. Alasan ini pula pihaknya sudah meminta kepada Kementrian Agama RI untuk menambah kuota haji di Sumut.

“Kuota yang diperoleh hanya 80.134 orang, sehingga masa tunggu bagi seseorang untuk bisa berangkat menunaikan ibadah haji sangat terbatas,” kata Harahap, kemarin (5/3). Menurutnya, kalau dihitung jumlah pendaftar dan kuota yang ada, setidaknya pendaftar tahun ini baru mendapatkan porsi haji empat tahun mendatang. Artinya, mendaftar di tahun 2010, baru bisa diberangakatkan tahun 2014. Jika kuota ditambah, diperkirakan waktu tunggunya tidak begitu lama. Hanya saja, sampai sampai saat ini, permintaan tambahan kuota itu belum ditanggapi Depag.

“Kami bisa memaklumi itu, karena prosedurnya memang harus ditanyakan lagi kepada pihak Arab Saudi, apakah mereka bisa memberikan penambahan atau tidak. Harapan kita tentunya terjadi penambahan, agar calon jamaah haji tidak terlalu lama menjadi peserta daftar tunggu setiap tahunnya, katanya.

(www.republika.co.id)