SERBA SERBI HAJI-UMRAH

Rabu, 13 Mei 2009 8:56:38 AM

Balad Jeddah Dikembangkan Menjadi Tujuan Wisata Sejarah

Jakarta (MCH). Balad, sebuah kawasan tua di Jeddah memang mengiri kenangan tersendiri bagi pengunjungnya. Sejarah tua Jeddah yang terkait dengan kedatangan jemaah haji dan umrah melalui laut masa lalu, tak akan begitu saja terlupakan.

Banyak pengunjung lama yang mengingat kembali kenangan distrik balad di Jeddah, terutama hotel traditionalnya yang sebagian ada yang telah berusia 150 tahun. Bahkan wilayah Balad sudah menjadi bagian perlidungan kepurbakalaan yang dinaungi UNESCO.

Honda, seorang penulis Jepang yang pernah ke Jeddah tahun 1970-an, mengakui sulit melupakan Balad. “Ketika saya tiba kembali ke Jeddah, saya ingat Hotel Quraisy lebih dari 30 tahun yang lalu. Saya bertanya kepada pengantar saya dan ia mengaku tahu hotel itu,” katanya betkisah kepada Arab News edisi Rabo, 13 Mei hari ini.

“Kami melintasi sejumlah gang berliku dan akhirnya sampai juga kami ke tujuan. Kami menemukan hotel sepi dan kosong, namun, masih ada bangunannya. Kenangan saya lantas melambung pada tahun 1970an,” kisah Honda.

Di antara hotel yang masih ada dan beroperasi di daerah Balad kini adalah Funduq (hotel) Al-Baiah yang telah diperbaharui. Hotel ini di pintu masuk Al-Baiah Square dan Hotel Bahauddin Arafat. Wilayah dan hotel ini sangat populer di kalangan warga Saudi yang datang ke Jeddah, khususnya kalangan pangeran.

Komisi Pariwisata dan Purbakala Kerajaan Arab Saudi (SCTA) baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah mendirikan sebuah badan khusus untuk berinvestasi di kota tua Balad ini. Di sini terdapat 55 bangunan bersejarah – termasuk istana – yang dapat dijadikan tujuan wisata.

Kabinet Arab Saudi baru-baru ini menyetujui usulan SCTA untuk membeli bangunan tua milik warga untuk dilestarikan. SCTA juga mempertimbangkan untuk memberi kemudahan peminjaman dana bank bagi pemilik bangunan tua untuk pengembangan wisata. Sebab, Jeddah tua memerlukan pelestarian karena kekhasan arsitekturalnya. (Musthafa Helmy / HIMPUH)